Kenali Gejala COVID-19 Sejak Terpapar Dari Hari Ke Hari Dan Update Gejala Terbaru

Wow… hati-hati bila mengalami Testis terasa nyeri

COVID-19
COVID-19

Gejala-gejala terpapar Covid-19 terbaru


Berdasarkan riset Lembaga Kesehatan Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention, lansia memiliki tingkat resiko lebih tinggi dalam terkena Covid-19. Selain itu, orang yang mengidap penyakit berat seperti diabetes, asma, dan jantung juga beresiko yang sama.

Ciri-ciri awal seseorang terkena Covid-19 adalah batuk, demam, pilek, sakit tenggorokan, letih, lesu, dan pernapasan yang terganggu. Bahayanya virus ini kadang bisa memberikan gejala berat dan tidak, dimana seseorang bisa tidak mengalami gejala infeksi sama sekali.

Inilah gejala yang ditimbulkan dari hari pertama sampai hari ke 14 :

Hari 1-3: Mengalami demam, terjadi batuk kering dan nyeri otot pada badan.

Hari 4-6: Gejala meningkat hingga mengalami kesulitan dalam bernapas dan umumnya yang  mengalami gejala ini adalah pasien berisiko seperti lansia atau pasien yang sudah pada kondisi ini sebelumnya.

Hari 7-9: Selanjutnya setelah hari ketujuh, pasien dengan kasus berat mengalami beberapa sindrom seperti gangguan pernapasan akibat menumpuknya cairan di paru-paru. Dan hal ini bisa berakibat fatal.

Hari 10-14: Kasus bertambah parah terus dan berubah seiring berjalannya waktu dengan timbulnya gangguan pernapasan akut ( ARDS ), pada fase ini pasien harus dirawat di ICU.

Berikut rangkuman gejala Covid-19 yang telah dirilis Center For Disease Control ( CDC )

Center For Disease Control ( CDC ) merilis , gejala umum terpapar COVID -19 setelah 2-14 hari adalah :

  1. Batuk
  2. Tengorokan kering ( gatal di tengorokan )
  3. Demam
  4. Sesak napas
  5. Kehilangan kemampuan indra mencium bau dan rasa
  6. Sakit kepala
  7. Nyeri otot
  8. Menggigil
  9. Merasakan kulit seperti “ Tersetrum “ sensasi terbakar pada kulit.

Tapi beda lagi yang di alami seorang pria asal Massahusetts, dimana gejala awal dia berobat ke dokter, untuk memeriksakan diri karena merasakan nyeri di Testisnya ( buah zakar ), perut hingga dadanya. Nyeri tersebut sudah dirasakan selama sepekan ini.

Hasil pemeriksaan X-Ray menunjukkan testisnya normal dan baik, tetapi lewat pemeriksaan CT Scan, didapati adanya kerusakan pada paru-parunya. Dan dokter menyatakan pria ini menderita Pneumonia. Dua hari kemudian pria ini dinyatakan positif terpapar COVID-19. Dan dari hasil penelusuran kegiatan terakhir yang dilakukannya adalah setelah mengikuti sebuah konferensi di Boston.

Maka dari kasus tersebut para dokter dalam laporannya di The American Journal Of Emergency Medicine, yang dikutip dari Dailymail, menyatakan kasus ini bisa sebagai pelajaran bagi para pejuang medis di garis depan dan memberikan kesadaran tentang gejala atipikal COVID-19.

Jadi bagaikan sebuah misteri COVID-19 ini tak henti-hentinya berikan kejutan pada dunia medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *